SSD Pengganti Harddisk

SSD adalah kepanjangan dari Solid Storage Disk, perangkat teknologi terbaru dalam motherboard komputer atau laptop yang lebih maju dibadningkan HDD, rival terdahulunya.

SSD lebih cepat putaran piringannya, sehingga proses laptop yang bekerja juga jadi kencang. Jika saat ini lagi cari review laptop atau ultrabook, apa aja sih bedanya HDD dan SSD?

ssd laptop

Perbedaan Fungsi SSD Laptop dan Harddisk HDD

Yang paling membedakan jauh antara SSD dan HDD selain masalah harga, adalah kecepatan yang akan dilkakukan laptop dalam memproses pekerjaan.

HDD cocok untuk menaruh atau storage untuk laptop, karena fungsinya hanya untuk tempat penyimpanan.

Sedangkan SSD sangat baik untuk proses aplikasi, sehingga sangat optimal jika instalasi sistem operasi komputer dimount ke SSD. Dalam istilah tekonologi ada yang disebut dengan partisi.

Saran yang paling kami rekomendasikan adalah, SSD untuk partisi C atau system. Sedangkan HDD untuk data, mount saja ke drive D.

Dengan cara ini laptop akan cepat, proses jadi wus-wus, tidak ngelag lagi. Dada babai dengan hang atau pun blue screen.

pengganti harddisk

Pengganti Harddisk

Yes, solusi paling baik untuk mengupgrade laptop agar memiliki power yang maksimal adalah mengganti HDD di laptop dengan SSD.

Perangkat yang perlu anda siapkan selain SSD adalah HDD Caddy. Apa itu HDD Caddy, ini semacam wadah, bentuknya persis seperti optikal drive untuk CD/DVD.

Dengan HDD Caddy, kita bisa menaruh HDD kita kedalamnya. Jadi nanti, optikal drive asli dari laptop dicopot. Lalu masukkan HDD caddy yang sudah kita masukin HDD.

Kemudian, SSD kita taruhkan bekas HDD yang tadi. Laptop pun jadi kencang sekali. Saran tambahan, bisa juga diupgrade RAM kita jadi 8GB. Agar semakin powerfull.