cara mengurus sim c online

Prosedur Cara Membuat SIM C Online

Mau tahu cara membuat SIM C online? Dengan cara ini, kamu tidak perlu pulang kampung lo. Karena sudah online, pengurusan jadi efektif, efisien dan murah. Berikut ini caranya:

Memiliki kendaraan mensyaratkan penggunanya untuk memiliki pula SIM. Meskipun banyak yang tidak taat, tetapi sebagai warga masyarakat yang patuh dengan hukum, wajib hukumnya untuk mengurus surat izin mengemudi (SIM).

SIM secara legal adalah bukti kelayakan kita untuk mengendarai moto atau mobil yang kita gunakan. Di mata sebagian orang, proses memperolehnya dianggap ribet, lama, susah, mahal, harus nyogok dan lain lain. Faktanya apa benar demikian?

cara pembuatan sim online

Saking menjadi momoknya, banyak sekali kita temui yang mengambil jalan pintas. Seperti pembuatan SIM palsu. Atau ada juga masyarakat yang memanfaatkannya menjadi ladang bisnis, misalnya bermunculan jasa pembuatan sim.

Sebenarnya kalau kita cukup jeli, Kepolisian Republik Indonesia (Polri)  sudah mempermudah lo. Program yang baru dimunculkan ini akan menjadikan lama dan ribetnya pembuatan sim menjadi cepat, tidak lama.

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri meluncurkan program cara membuat sim c online. Kita tahu sekarang ini sudah zaman maju, orang belanja online dimana-mana sudah menjamur. Polisi pun menyambut dengan membuat program pembuatan sim C online.

cara mengurus sim c online

Cara Membuat SIM C Online

  1. Siapkan e-KTP, jika Anda belum punya. Lakukan pembuatan e-KTP terlebih dahulu. Proses akan lama jika pembuatan kartu tanda penduduk ini di hitung ya. Tetapi jika Anda sudah memiliki, proses jadi cepat.
  2. Buka laman http://sim.korlantas.polri.go.id
  3. Akan muncul empat piilihan menu, silahkan pilih Pendaftaran SIM
  4. Klik lanjut untuk melanjutkan cara bikin sim c online.
  5. Pada halaman selanjutnya, proses cara mengurus sim online akan dituntun untuk memilih, apakah mau melakukan pembuatan sim baru online atau perpanjangan. Silahkan pilih sesuai keperluan. Isi semua form, pastikan email aktif yang Anda isi. Ini penting karena untuk verifikasi. Isi pula polda kedatangan, satpas kedatangan, dan lokasi kedatangan sesuai dengan alamat yang tercantum di KTP anda saat ini.  Input juga data pribadi seperti pendidikan, warga negara. Pastikan menginput dengan data valid.
  6. Setelah selesai, Anda akan memperoleh kode booking yang dikirim ke email yang tadi Anda input. Silahkan diprint kode booking tersebut ke percetakan atau jika punya printer bisa langsung dicetak di kertas. Bukti ini harus dibawa saat menuju ke Satpas yang dipilih
  7. Lakukan transfer pembayaran ke ATM Bank terdekat.
  8. Siapkan surat keterangan sehat, mengurusnya bisa ke dokter atau puskesmas terdekat.
  9. Nah, sekarang lengkap bukti-bukti surat Anda. Pertama e-KTP dan fotokopi nya tentunya, terus bukti kode booking dari website, selanjutnya surat keterangan sehat dari dokter, khusus yang perpanjangan SIM, Anda wajib membawa sim lama ya.
  10. Sekarang tiba saatnya datang ke lokasi Satpas yang sebelumnya Anda pilih, bisa juga di layanan SIM keliling, pokoknya sebelumnya isi Satpas apa ya disitu datangnya.
  11. Di pos pelayanan Satpas, Polisi akan memeriksa data yang kita bawa. Mereka juga akan melakukan pengambilan foto, finger print atau sidik jari dan tanda tangan.
  12. Tiba saatnya untuk ujian praktek dan teori. Jika kedua ujian lulus, maka SIM sudah valid untuk dicetak.

Biaya Pengurusan SIM Online

  • Pembuatan SIM A Baru: Rp 120.000
  • Perpanjangan SIM A : Rp 80.000
  • Pembuatan SIM B1 baru : Rp 120.000
  • Perpanjangan SIM B1 : RP 80.000
  • Pembuatan SIM C baru : Rp 100.000
  • Perpanjangan SIM C: Rp 75.000