Inspirasi Rumah Estetik Bernuansa Natural

Inspirasi Rumah Estetik Bernuansa Natural

Mendekor rumah dengan melibatkan material alam menjadi daya tarik sendiri. Pohon misalnya, bahan ini memiliki nilai keindahan yang luar biasa untuk mempercantik rumah Anda.

Kesan alami dan asri akan tercipta dengan memadukan pohon dengan arsitektur rumah. Apalagi jika karya ini memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting. Seperti menyegarkan udara, menambah serapan air, menghindari polusi dan masih banyak lagi.

Ada tantangan tersendiri jika kita melibatkan pohon langsung di sekitar rumah, akar pohon yang semakin membesar tentu akan berpotensi merusak pondasi dan material dasar rumah.

Selain itu sewaktu proses pembangunan atau renovasi, tindakan pertukangan dalam progres konstruksi juga berpotensi merusak pohon dan tanaman itu sendiri.

Bagi Anda yang tertarik dengan konsep rumah bernuansa natural, berikut kami suguhkan tips penerapannya untuk hunian dan bangunan. Check this out:

Tips Menerapkan Keindahan Pohon ke dalam Rumah

Ide rumah pohon yang sering disukai anak-anak kita mungkin sudah banyak yang tahu. Rumah pohon menjadi rumah impian bagi si kecil, tontonan dan kelakar mereka dengan anak sebayanya sering menceritakan dan bahkan bermain seolah-olah di rumah pohon.

Ternyata di dunia nyata, konsep rumah bernuansa pohon ini juga sangat disukai oleh orang dewasa. Penerapannya dengan menggabungkan antara hunian yang exclusive dengan penambahan pohon sebagai aksesoris artistiknya.

Jika dikonsep dengan baik, kuatnya pohon dan akarnya juga bisa dimanfaatkan justru untuk meningkatkan struktrur bangunan lo. Caranya bisa dengan membuat fondasi agak tinggi disamping pohon, agak diangkat sedikit bagian tengahnya.

Berikut beberapa konsep penerapan rumah bernuansa natural yang bisa Anda jadikan inspirasi

Tanaman dan Pepohonan Dipisah dengan Dinding Kaca

Source: tokban.com

Butuh belasan, puluhan bahkan ratusan tahun untuk menumbuhkan pohon. Pisahkan dengan tembok atau dinding kaca, agar keindahannya tetap bisa kita nikmati.

Konsep ini biasanya diaplikasikan bagi Anda yang suka dengan ruangan terbuka, fungsinya untuk area keluarga, ruang tamu atau untuk acara kecil hingga besar di rumah Anda.

Tips mengaplikasinya, karena terbuka gini bisa menggunakan atap baja ringan dari BlueScope Zacs®, atap baja ringan yang berfungsi meredam panas matahari, ruangan terbuka pun akan jadi adem, tidak mudah gerah.

Tanaman Dedaunan Menggelantung disisi Pinggiran Atap Teras

Source: Homeshabby.com

Daripada memotong pepohonan yang ada disekitar rumah, lebih baik kita kreasikan dengan gaya optimal.

Konsep ini juga menarik, karena kesan hijau akan merata dari atas ke bawah. Tidak hanya dibawah seperti halnya ketika kita hanya menanam rerumputan dan tanaman dan pot bunga di lantai.

Memadukan Material Kayu dan Kolam

Source: Homeshabby.com

Warna kayu dari pohon dan kayu dari material rumah akan mengusung konsep warna alami, cokelatnya menjadikan ruangan lebih hangat.

Kayu dan kolam juga salah satu bagian dari Alam, memadukan ketiganya tentu akan membuat rumah lebih asri, adem dan nyaman.

Menggabungkan Gaya Industrial dengan Tanaman Hijau

Gaya modern menggunakan konsep bangunan layaknya pabrik industri banyak disukai orang, terkesan bangunan belum jadi tetapi menggunakan konsep yang menarik dan bahan yang kuat. Ini disebut industrial design.

Ide ini bisa kita padukan dengan tanaman dan pepohonan, sehingga tercipta bangunan yang mengintegrasikan dengan alam, ikut melestarikan. Hasilnya bangunan jadi indah, artistik dan kesan uniknya nampol banget.

Gunakan Material Baja Ringan Untuk Menutup Area Terbuka

Kanopi Baja Ringan

Untuk menutupi area terbuka, baik di teras rumah, teras belakang, area kolam, Anda bisa gunakan baja ringan dari BlueScope Zacs®, cocok banget untuk meredam panas terik matahari, sehingga suhu ruangan tetap nyaman dan adem. Selain itu, material baja ringan BlueScope Zacs® sudah terjamin kemanan dan kualitasnya karena sudah bersertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI). Dan banyak pilihan warna-warna yang natural sehingga membuat hunian anda lebih indah.

Demikian tips dari kami, semoga bermanfaat dan bisa dijadikan inspirasi bagi Anda yang sedang membangun atau merenovasi rumah.